Lantai Bambu Yang Lebih Kuat Ramah Lingkungan

Posted by Gokucing Monday, September 17, 2012 0 comments
Lantai Bambu Yang Lebih Kuat Ramah Lingkungan
Salah satu kelebihan dari lantai bambu adalah, kemampuanya dalam menyulap suasana ruangan anda menjadi lebih eksotis. Desain yang Eksotis dan ramah lingkungan. Itulah hal yang terkesan jika anda menggunakan lantai rumah dari bambu. Terlebih dengan memadukan motif lantai tersebut secara tepat dengan warna dan interior ruangan tersebut.

Beberapa jenis bambu memiliki keunikan tersendiri saat dibuat untuk lantai. Beberapa bambu memiliki warna yang menarik, seperti warna kuning, cokelat muda dan cokelat tua. Dan dari beberapa macam bambu memilik tingkat ketebalan yang berbeda, sehingga akan ada banyak ragam untuk harga lantai bambu ini. Motif dan Tekstur bambu yang khas menjadikan lantai menjadi unik. Warnanya pun cukup beragam untuk disesuaikan dengan warna interior kantor, cafe atau rumah anda.

Selain itu, seperti diutarakan David salah satu pengembang produksi lantai bambu , penggunaan lantai bambu ini sama saja dengan pemasangan lantai dari bahan yang sudah biasa diterapkan, seperti kayu. “Untuk soal biayapun relatif terjangkau serta tidak perlu ada perawatan yang khusus,” kata David. Hal ini dikarenakan harga jual bambu lebih murah dibandingkan dengan harga jual bahan dari jenis yang lain, seperti kayu dan lantai keramik. Akan tetapi lantai bambu tidak kalah menarik untuk di letakan untuk lantai rumah anda. Bambu yang dibuat lantai akan tersamar dengan bentuk dan motifnya, sehingga seorang yang kurang memperhatikan tidak akan menyadari kalau dirinya sedang menginjakan kaki diatas lantai yang tersbuat dari bambu.

Walaupun bambu tergolong jenis yang tidak kuat, atau rentan retak, saat bambu dibuat lantai tidak akan terpangaruh akan hal itu. Karena bambu untuk lantai tidaklah sama fungsina seperti bambu yang digunakan untuk penyangga. Lantai bambu bisa bertahan sekitar empat hingga enam tahun. Dan tak disangka, ternyata bambu juga lebih tahan terhadap lembap karena pori-porinya yang rapat. “Rayap pun kurang menyukai bambu,” Selain itu, menurut pengujian Janka Hardness Test, lantai bambu lebih keras dibanding kebanyakan kayu lainnya. Tingkat kekerasannya bisa membuat bambu tahan terhadap tekanan hingga 2 ton. Luar biasa, sebuah hasil karya yang bagus untuk bambu.

Biasanya orang akan sibuk untuk mengatasi masalah dalam merawat lantai. Terkadang ada beberapa jenis lantai yang saat terdapat noda, atau kerusakan harus rela untuk membongkar susunan lantai yang telah terata. Hal ini sangat tidak menyenangkan, anda harus membongkar lantai anda, dan harus menata kembali agar rapi. Akan tetapi jika anda menggunakan lantai dari bambu, untuk perawatan serta pemeliharaanya pun tak jauh berbeda dengan lantai umumnya. Cuma saja, lantai bambu sebaiknya disapu memakai sapu berbahan nilon sebab sapu biasa terlalu kasar.

Berikut adalah tips dari beberapa pengembang produksi lantai bambu jika Anda ingin menggunakan lantai dari bambu:
  •  Jangan menggunakan sepatu ber-hak di atas lantai bambu,
  •  Usahakan jangan sampai hewan peliharaan seperti kucing mengais atau menggaruk-garuk lantai bambu tersebut,
  •  Hindari cairan kimia pembersih atau pelicin yang bisa membuat lantai bambu rusak, cukup dibersihkan secara tradisional saja dengan air biasa,
  •  Ketika menggeser atau memindahkan perabotan berat seperti lemari atau meja, jangan dengan cara diseret, tapi diangkat,
  •  Jangan gunakan sikat atau  brush yang kasar dan keras untuk membersihkan 

Memang sedang menjadi trend, Desain lantai bambu dinilai lebih ramah lingkungan karena bambu punya kemampuan tumbuh yang cepat dan tidak akan berpengaru terhada exploitation sumber daya alam. Bahkan ada jenis bambu yang bisa tumbuh 60 cm dalam seharinya. Bandingkan jika kita menggunakan material kayu yang butuh waktu tumbuh jauh lebih lama untuk bisa dipanen kembali. Untuk itu apresiasi terhadap lantai bambu saat ini sungguh demikian besar, para pengembang saling berkompetisi untuk terus melakukan inovasi untuk hasil karya mereka. Berbagai teknik pengolahan bambu selalu mereka tingkatkan. Kreatifitas dalam membuat karya lantai selalu unik dan menarik. Nah, demikian ulasan mengenai "lantai bambu yang lebih kuat ramah lingkungan", semoga dapat memberikan informasi yang menarik bagi anda.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Lantai Bambu Yang Lebih Kuat Ramah Lingkungan
Ditulis oleh Gokucing
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://gokucing.blogspot.com/2012/09/lantai-bambu-yang-lebih-kuat-ramah.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Post a Comment

Template by Bamz | Copyright of GoKucing.