Pengertian dan Fungsi Akuntansi Biaya

Posted by Gokucing Monday, October 8, 2012 0 comments
Pengertian Akuntansi Biaya

Akuntansi biaya adalah suatu bidang akuntansi yang diperuntukkan bagi proses pelacakan, pencatatan, dan analisa terhadap biaya-biaya yang berhubungan dengan aktivitas suatu organisasi untuk menghasilkan barang atau jasa. Biaya didefinisikan sebagai waktu dan sumber daya yang dibutuhkan dan menurut konvensi diukur dengan satuan mata uang.

Pengertian dan fungsi dari beberapa pakar menyebutkan "Akuntansi biaya adalah suatu prosedur untuk mencatat dan melaporkan hasil pengukuran dari biaya pembuatan barang atau jasa. Fungsi utama dari Akuntansi Biaya: Melakukan akumulasi biaya untuk penilaian persediaan dan penentuan pendapatan". nah.. dari apa yang telah disebutkan dapat diketahui betapa pentingnya sebuah metode akuntansi dalam sebuah proses akumulasi biaya.

Kemudian apa persamaan dari akuntansi biaya dengan akuntansi manajemen? Antara akuntansi biaya dengan akuntansi manajemen memiliki beberapa fungsi yang sama yaitu merupakan sistem pengolah informasi yang menghasilkan laporan keuangan dan juga berfungsi sebagai penyedia informasi keuangan yang bermanfaat bagi seseorang untuk mengambil keputusan.

Dari persamaan tersebut, lantas apa perbedaan dari akuntansi biaya dengan akuntansi manajemen? pastinya terdapat beberapa perbedaan dari kedua masalah tersebut terletak pada pemakai utama, lingkup informasi, fokus informasi, rentang waktu, kriteria bagi informasi, disiplin sumber, isi laporan, sifat informasi yang dihasilkan. Untuk lebih detailnya tentang perbedaan silahkan di lihat di http://library.usu.ac.id/download/fe/akutansi-erlina7.pdf

Manfaat Akuntansi Biaya
Akuntansi biaya adalah salah satu cabang akuntansi yang merupakan alat bagi manajemen untuk memonitor dan merekam transaksi biaya secara sistematis, serta menyajikan informasi biaya dalam bentuk laporan biaya. Manfaat biaya adalah menyediakan salah satu informasi yang diperlukan oleh manajemen dalam mengelola perusahaannya, yaitu untuk perencanaan dan pengendalian laba; penentuan harga pokok produk dan jasa; serta bagi pengambilan keputusan oleh manajemen. Nah teman-teman semoga sedikit ulasan ini dapat memberikan manfaat bagi anda. Jangan lupa kunjungi terus GoKucing untuk berbagi ilmu dan wawasan.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Pengertian dan Fungsi Akuntansi Biaya
Ditulis oleh Gokucing
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://gokucing.blogspot.com/2012/10/pengertian-dan-fungsi-akuntansi-biaya.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Post a Comment

Template by Bamz | Copyright of GoKucing.