Pengertian Dasar Tentang Epidemiologi

Posted by Gokucing Monday, October 8, 2012 0 comments
Epidemiologi Dasar
Menurut Dr. Anton Muhibuddin (Universitas Brawijaya), saat ini epidemiologi telah berkembang pesat baik pendalaman ilmunya maupun perluasan ilmunya. Perluasan ilmu epidemiologi saat ini juga mencakup epidemiologi bidang pertanian agrokompleks (termasuk perikanan, perkebunan, prikanan) dan mikrobiologi. Perluasan tersebut dirasa perlu karena manfaat epidemiolgi sangat nyata dirasakan dalam bidang-bidang ilmu tersebut. Pendalaman epidemiologi diantaranya meliputi peramalan berbasis komputer dan pengelolaan agroekosistem.

Lantas apakah itu Epidemiologi? Epidemiologi adalah ilmu yang mempelajari pola kesehatan dan penyakit serta fakor yang terkait di tingkat populasi. Ini adalah model corestone penelitian kesehatan masyarakat, dan membantu menginformasikan kedokteran berbasis bukti (eveidence based medicine) utnuk mengidentifikasikan faktor risiko penyakit serta menentukan pendekatan penanganan yang optimal untuk praktik klinik dan untuk kedokteran preventif.

Epidemiologi berasal dari bahasa Yunani, yaitu berasal dari kata
Epi = yang berkaitan
Demos = masyarakat, daerah
Logo = ilmu

Jadi dari susunan kata tersebut Epidemiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang perilaku dalam masyarakat.

Subyek dan Obyek dalam Epidemiologi meliputi
- Masalah Kesehatan yaitu masalah penyakit baik penyakit infeksi/menular , penyakit non menular dan masalah kesehatan yang lain seperti KB, program perbaikan lingkungan dan program pengadaan sarana pelayanan kesehatan.

- Sasaran dari Epidemiologi yang utama adalah pada populasi manusia yaitu dengan melakukan suatu kerja yang meliputi mengukur dan menganalisa frekuensi dan penyebaran masalah kesehatan.

Sejarah dari Epidemiologi

Jaman Prasejarah
Sejarah mencatatkan Epidemiologi sudah dimulai sejak jaman prasejarah yang mana pada saat itu manusia sudah melakukan suatu penyembuhan dengan memanfaatkan bahan yang ada di alam.

Jaman Peradaban Kuno

India (5000 SM - Kitab Suci Weda) : Pada kitab tersebut terdapat sistem kedokteran 'ayurweda'

Mesir kuno (2700 SM) : Pada masa itu telah mengenal ilmu pengobatan, yang dikenal dengan nama kedokteran mesir kuno.

Yunani kuno : Pada jaman ini dikenal sebuah kepercayaan terhadap Aesculapius (Dewa penyembuhan) yaitu anaknya 'HYGEA' yang dipuja sebagai Dewi (GODDESS) yang berarti Kesehatan dan (HYGIENE) yang berarti Kebersihan.

HIPPOCRATES (460-377 SM) : Dikenal sebagai bapak kedokteran modern yang mana menurut hippocrates kejadian penyakit dikarenakan adanya kontak dengan jasad hidup, penyakit berkaitan dengan lingkungan eksternal dan internal.

INGGRIS (1775) : Yaitu saat terjadi wabah pes, di inggris tumbuh sebuah cabang ilmu kedokteran yang mengobati sebuah wabah (Epidemi dan Logos)

HIRSCH (1883) : Mengunkap sebuah gambaran kejadian, penyebaran jenis penyakit paada manusia saat tertentu di berbagai tempat di bumi dan mengaitkan dengan kondisi eksternal.

FROST (1927) : Mempelajari suatu fenomena masal dari penyakit infeksi

GREENWOOD (1934) : Mengungkapkan sebuah pengetahuan tentang penyebaran suatu penyakit atau kondisi dalam suatu populasi dan faktor-faktor yang mempengaruhi penyebaran tadi.

MORIS dan TAYLOR(1967) : Mengembangkan pengetahuan tentang sehat dan sakit dari suatu penduduk.

MACMAHON, PUGH dan IPSEN (1970) : Mengembangkan studi tentang penyebaran dan penebab frekuensi penyakit manusia dan mengapa terjadi distribusi seperti itu.

ABDEL R OMRAN (974) : Melakukan studi dari berbagai peristiwa diantara kelompok di masyarakat.

LAST (1988) : Mengembangkan ilmu tentang distribusi dan determinan-determinan dari keadaan atau kejadian yang berhubungan dengan kesehatan di dalam populasi tertentu, serta penerapannya untuk mengendalikan masalah-masalah kesehatan.

Dalam Epidemiologi dikenal juga istilah Riwayat Alamiah Penyakit (NATURAL HISTORY OF DISEASE)  yaitu perkembangan alamiah suatu penyakit (tanpa intervensi atau campur tangan medis) sehingga suatu penyakit berlangsung secara natural.

Nah untuk kelengkapan selanjutnya tentang Epidemiologi teman-teman dapat download Epidemiologi dasar di sini Download Epidemi Dasar

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda.

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Pengertian Dasar Tentang Epidemiologi
Ditulis oleh Gokucing
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://gokucing.blogspot.com/2012/10/pengertian-dasar-tentang-epidemiologi.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Post a Comment

Template by Bamz | Copyright of GoKucing.